• SOSIALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEKITAR KAWASAN TN GUNUNG LEUSER

    Kementerian Kehutanan bersama Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser mengadakan sosialisasi pembangunan kehutanan kepada masyarakat mengenai pemberdayaan masyarakat sekitar hutan khususnya kawasan konservasi. Acara digelar pada 13 Maret 2012 di bantaran Sungai Bohorok, Sumatera Utara.

    Acara dihadiri sekitar 100 orang berasal dari perwakilan berbagai pihak yaitu pemerintah daerah, LSM, asosiasi pengusaha bidang pariwisata, para kepala desa sekitar kawasan dan masyarakat pengelola hutan rakyat di sekitar TN Gunung Leuser. Sedangkan pembicara yang dihadirkan adalah perwakilan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Balai Besar TN Gunung Leuser, dan Direktorat Bina Perhutanan Sosial.

    Berbagai permasalahan mengemuka dalam diskusi yang digagas oleh Pusat Hubungan Masyarakat Kemenhut ini. Perwakilan masyarakat yang berbatasan langsung dengan kawasan TNGL mengharapkan kejelasan kawasan lahan yang dapat mereka garap tanpa melanggar aturan dan batas yang ada. Mereka pun mengharapkan pihak TNGL lebih berperan dalam pemberdayaan masyarakat. Masyarakat juga mengeluhkan kebingungan mereka akan program apa yang dapat diikuti supaya dapat mendukung upaya kelestarian kawasan konservasi.

    Dalam upaya pemberdayaan masyarakat, pihak TN Gunung Leuser telah melaksanakan beberapa kegiatan kemitraan bersama dengan masyarakat setempat, tetapi masih terbatas pada kegiatan wisata alam dan model desa konservasi. Melalui pemberian akses kepada masyarakat untuk berperan serta dalam mengelola kawasan konservasi diharapkan masyarakat dapat memperoleh manfaat langsung dari keberadaan kawasan konservasi.



  • Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
    Sudah bergabung? silahkan login disini
    Belum menjadi member? Silahkan daftar disini