• Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan Terima Gelar Doctor Honoris Causa

    Pushumas Kemenhut, Semarang : Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan menerima penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), Rabu (20/03), di Auditorium Universitas Negeri Semarang (UNNES) Kampus Sekaran Semarang. 

    Pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada Menhut Zulkifli Hasan dilakukan oleh Rektor Universitas Negeri Semarang Prof.Dr.Masrukhi,M,Pd. disaksikan oleh seluruh anggota senat Universitas Negeri Semarang serta beberapa anggota DPR RI, para pejabat Eselon I dan II Kementerian Kehutanan serta Civitas Academica Universitas Negeri Semarang.

    Menhut Zulkifli Hasan menerima Gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) menurut Rektor UNNES dalam sambutannya karena kecendekiaannya dan komitmennya yang sangat besar terhadap persoalan lingkungan, kemasyarakatan dan kemiskinan serta penghormatan atas gagasan-gagasannya sebagai pengabdi lingkungan kehutanan. 

    Sebelum penganugerahan dan penyerahan piagam gelar Doktor Honoris Causa oleh rektor , Menhut Zulkifli Hasan memberikan orasi ilmiah berjudul “Menyemai Budaya Kewirausahaan Melalui Pembangunan Hutan Berbasis Masyarakat”. Orasi ilmiah tersebut menyuguhkan model pengembangan wirausaha berbasis hutan kepada masyarakat dengan salah satu unsur dalam model yang dikemukakan adalah “Kampanye Gerakan Penanaman Pohon”. Kampanye gerakan penanaman satu miliar pohon menjadi model edukasi masyarakat yang memberikan multy player effect kepada masyarakat khususnya masyarakat sekitar hutan dengan program-program Kebun Bibit Rakyat (KBR), Hutan Tanaman Rakyat (HTR), Hutan Kemasyarakatan (HKm), dan Hutan Desa (HD) serta program berbasis konservasi alam seperti Program Pengembangan Perhutanan Masyarakat Pedesaan Berbasis Konservasi (PPMBK) dan Restorasi Ekosistem.

    Pemberian gelar Doktor Kehormatan ini adalah yang kedua setelah sebelumnya tahun 2012 mendapatkan gelar Doktor Kehormatan di bidang Administrasi Public dari Sejong University Seoul, Korea. 

    Pada kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan Naskah MoU kerjasama di bidang kehutanan antara Rektor Universitas Negeri Semarang dengan Sekjen Kemenhut dan Dirjen BPDASPS Kemenhut disaksikan oleh Menhut RI. Penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa kepada Menhut Zulkifli Hasan di promotori oleh Prof. Dr. Masrukhi, M. Pd dan sebagai ko-promotor yaitu Prof. Dr. Samsudi, M. Pd dan Prof. Dr. Dodi Nandika, M.S. (PUSHUMAS/ galrama/arset)



  • Anda dapat memberikan komentar pada berita setelah menjadi member situs ini.
    Sudah bergabung? silahkan login disini
    Belum menjadi member? Silahkan daftar disini